YARSIPONTIANAK.COM (JAKARTA) – Sebagai hasil dari jaringan yang telah 100 persen
terintegrasi di 46 ribu sites di seluruh Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison
(Indosat) berhasil memberikan jangkauan yang lebih baik dan luas untuk melayani
kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya di kampung halaman sampai level
kecamatan pada periode libur Lebaran 2023.
Dengan peningkatan lalu lintas
data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25 persen dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.
Indosat telah mempersiapkan diri
menghadapi periode libur Lebaran tahun ini dengan meningkatkan kapasitas,
pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat dan regional,
serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima.
Sebagai tambahan, kualitas layanan
telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi.
Hal tersebut
disampaikan SVP – Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison,
Agus Sulistio, mengatakan bahwa Keberhasilan
ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik dengan para mitra Indosat dalam memberikan marvelous experience kepada
seluruh pelanggan Indosat.
“Keberhasilan ini merupakan hasil
dari kolaborasi yang baik dengan para mitra kami dalam memberikan marvelous
experience kepada seluruh pelanggan Indosat. Tingginya kenaikan trafik data
membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang
memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta
pengalaman internet yang lebih cepat,” ungkap Agus Sulistio.
Agus Sulistio mengatakan dalam periode libur Lebaran tahun
ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, messaging dan video call naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.
Tercatat pelanggan Indosat paling
banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook
saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan
daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.
Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas
data sebesar 15% di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun
ini.
Melalui analisa yang berdasarkan
data statistik di masa libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Indosat berhasil
mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan
rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang,
Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan
Tuban.
Trafik data juga tercatat naik
cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di
Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.
Berbagai aktivitas peningkatan
kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk
memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik.
Untuk menjaga performa jaringan
Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga
dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis.
Dengan peralatan dan dashboard
khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan
secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari, 74 persen tiket pengaduan pelanggan berhasil
diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan.
Pengguna aktif aplikasi
self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadan tahun ini juga naik
dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran.
Selain untuk memenuhi kebutuhan
dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam berbagai
program dan promosi menarik yang ada di aplikasi tersebut. Trafik pengguna yang
mengakses aplikasi tersebut juga menunjukkan tren kenaikan yang sama di bulan
Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini.
Hal tersebut mengindikasikan tren
pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan Indosat
dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.
“Dengan jaringan Indosat yang
100 persen terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital
pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Hal ini sejalan
dengan visi Indosat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling
dipilih di Indonesia,” tutup Agus. (tim
liputan).
Editor
: Humas Yarsi Pontianak